Grebeg Apem Kampung Tahunan

Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan Kampung Tahunan kembali mengadakan Grebeg Apem yang dibuat dalam  bentuk dua gunungan besar menyerupai tumpeng, disiapkan untuk diambil atau menjadi santapan bagi masyarakat yang hadir.

Hadir dalam Grebeg Apem  tersebut Ketua Komisi B  DPRD, Kabid Tradisi dan Budaya Dinas Kebudayaan, Lurah Tahunan beserta seluruh pegawai Kelurahan, tokoh masyarakat, juga  dalam prosesi pawai grebeg apem hadir Bhabinkamtibnas serta Babinsa Koramil  Umbulharjo.

Pak Lurah Tahunan Tri Maryono, SP menyampaikan dalam sambutannya merasa bersyukur dengan acara apeman ini sebagai wujud pelestarian tradisi budaya, dan beliau sedkit menjelaskan tentang makna apeman yang berasal dari bahasa Arab yakni Afuan/ Afuwun  yang berarti ampunan sebagai simbol permohonan ampun atas segala kesalahan dan sebagai sarana mengungkapkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Acara seremonial Grebeg Apem dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 20 Maret 2022 bertempat di balai RK Tahunan, Kelurahan Tahunan Kemantren Umbuharjo Yogyakarta, dimeriahkan dengan tari-tarian dari Paguyuban Punokawan yang semakin menambah kemeriahan dan kebahagiaan masyarakat Tahunan. Tentu saja acara tersebut berlangsung dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan. (ER)