Operasi Masker Gabungan, Masih di Temukan Warga yang Tidak Pakai Masker

Tahunan – Pemerintah Kelurahan Tahunan bersama dengan Kecamatan Umbulharjo, Babinsa, Polsek Umbulharjo dan BKO Pol PP Kecamatan Umbulharjo melakukan operasa masker gabungan di wilayah Kelurahan Tahunan. Pada operasi tersebut didapati warga yang tidak memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, serta ada warung yang kedapatan masih belum menerapkan protokol kesehatan di tempat makannya, meski sebelumnya sudah diberi peringatan.

Penindakan pada masyarakat  masih bersifat edukatif dan sanksi sosial berupa menyapu jalan dan diminta KTP nya untuk di data. “Sekarang di Jogja sudah diadakan peraturan sekaligus penindakan,” Kata BKO Pol PP Kecamatan Umbulharjo, Kartono Kamis (1/10/2020). Namun, penindakan yang dilakukan belum menerapkan sanksi berupa denda.

Pada operasi tersebut bagi pelanggar diwajibkan untuk memberikan identitasnya kemudian identitas tersebut di foto sebagai dokumentasi dan dilakukan pencatatan. Identitas baru diserahkan kembali setelah pelanggar menyelesaikan sanksinya.

Lurah Tahunan, Sugiharti SIP menghimbau kepada masyarakat untuk selalu taat dalam menerapkan protokol kesehatan ketika sedang diluar rumah, karena hal itu untuk kebaikan dirinya sendiri, dan tidak hanya ketika ada operasi masker saja baru menggunakan masker.

Kegiatan berlangsung lancar, dan diharapkan setelah ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=Bbz278a3_Go