Sidak Masker di Tempat Umum, Sugiharti Temukan Banyak Warga Keluar Rumah Tanpa Masker

Tahunan – Puluhan orang terjaring dalam operasi masker yang dilakukan oleh Lurah Tahunan, Sugiharti, SIP didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas serta unsur tokoh masyarakat di Kelurahan Tahunan. Operasi ini berlangsung pada pagi dan malam hari dengan menyisir tempat-tempat yang sering digunakan untuk nongkrong dan warung, (19/09/2020).

Tujuan dari operasi ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasa protokol kesehatan sabagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Tahunan. Selain itu operasi ini juga untuk memberikan kesadaran dan edukasi kepada warga bahwa penggunaan masker sangat penting bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga orang lain.

Penggunaan masker saat ini sudah diwajibkan oleh Lurah Tahunan bagi warga yang hendak beraktivitas di luar Rumah terutama di tempat keramaian. Sugiharti, SIP mengatakan disela-sela operasi masker “Bahwasanya seluruh warga yang ada di Tahunan hukumnya wajib memakai masker”

Bagi warga yang terjaring operasi masker pada kesempatan tersebut diberikan sanksi berupa menyapu jalan dengan menggunakan baju warna oren. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi warga yang tidak taat dengan protokel kesehatan ketika keluar rumah. Tak hanya diberi sanksi, para warga tersebut juga dipakaikan masker secara simbolis setelah sebelumnya diberikan edukasi terlebih dahulu.

Sedangkan bagi warung yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan diberikan sanksi teguran kepada pengelola dan diminta untuk memberikan tempat cuci tangan dan fasilitas kesehatan lainnya guna menerapkan protokol kesehatan.