Dapur Umum

Tahunan – Pandemi Covid-19 memberikan kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong dan berbagi untuk meringankan beban masyarakat, tak terkecuali di Kelurahan Tahunan.

Di Kelurahan Tahunan, TP PKK Kelurahan Tahunan melakukan inisiasi dalam mewujudkan sikap gotong-royong yaitu dengan membuat dapur umum “Mbagei” yang prosesnya dilakukan di RT 13 RW 3 Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

“Gerakan dapur umum “Mbagei” berawal dari banyaknya mahasiswa kos yang tidak dapat pulang kampung karena pandemi Covid-19 dan masysrakat yang membutuhkan.” Ucap Ketua TP PKK Kelurahan Tahunan, Pudji Astuti.


Proses memasak dilakukan di rumah ketua RW 03 dan pemilik rumah sangat terbuka sekaligus senang dengan adanya gerakan berbagi ini. Proses memasak yang menghasilkan nasi bungkus tersebut dibagikan di tiap RW di Kelurahan Tahunan sejumlah 200 bungkus tiap harinya.

Dana yang didapat untuk gerakan Dapur Umum “Mbagei” ini berasal dari dana swadaya, serta support dari Rektor UST, Mahasiswa KKN  UST, Mahasiswa KKN UGM ,Mahasiswa KKN UNY Dinas Sosial Provinsi DIY, Dinas  Sosial Kota Yogyakarta, bahkan banyak masyarakat yang memberikan donasi bagi kelancaran gerakan ini. Bahan makanan yang digunakan juga berasal dari hasil panen pengolahan lahan tidur yang disulap menjadi kebun sayur yang ditanam dan dirawat oleh masyarakat Kelurahan Tahunan.

Gerakan Dapur Umum “Mbagei” hingga berita ini terbit (20/7) masih bertahan atas dukungan masyarakat dan semangat gotong-royong dari sleuruh elemn masyarakat Kelurahan Tahunan.