Peresmian Posko Covid-19 RW 07 Kelurahan Tahunan oleh Wakil Walikota Yogyakarta

Tahunan - Warga RW 7 Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta mendirikan posko pemantauan Covid-19 untuk mengantisipasi gelomang arus balik kedatangan mahasiswa luar kota.
Meski kedatangan arus balik mahasiswa yang sempat pulang ke kampungnya masing-masing semenjak perkuliahan dilakukan secara daring akibat dari pandemi Covid-19, namun warga dan pemuda di RW 7 Kelurahan Tahunan senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Menurut ketua RW 7, Sadimin, Selasa (26/5/2020) hingga saat ini sudah tercatat terdapat 3.148 mahasiswa indekos yang terdapat di RW 7. "Oleh karenanya penting bagi kami untuk melakukan pemantauan untuk langkah antisipasi," ucapnya.

Posko pemantauan Covid-19 di RW 7 didirikan secara mandiri oleh warga atas inisiatif dari pemuda di kampung tersebut. inisiatif tersebut muncul mengingat keadaan di kampung tersebut, khusunya di RW 7yang sangat terbuka dan tidak ada penutupan pada gang-gang yang ada. Sadimin (26/5/2020) menyampaikan "Ide pembentukan posko ini tercetus oleh para pemuda secara spontanitas, mengingat disini wilayahnya begitu terbuka dan tidak ada gang yang tertutup."

Langkah cepat dalam mengantisipasi arus balik mahasiswa dari kampung ke Jogja ini mendapat apresiasi dari Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ygyakata, Heroe Poerwadi. Menurut Heroe, langkah antisipatif yang dilakukan setiap wilayah berbeda-beda, bergantung pada permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tersebut. "Ada yang fokus dengan membuat warung yang gratis untuk orang kurang mampu, ada yang membuat lumbung pangan, semua tergantung permasalahan yang dekat dengan warga di lingkungannya masing-masing," ucapnya ketika mengahidiri acara Peresmian Posko Covid-19 di RW 7 Kelurahan Tahunan.

Heroe menyampaikan saat ini sedang disusun protokol baru untuk menghadapi kemungkinan kembalinya bermacam-macam aktivitas yang sebelumnya non-aktif. Salah satu rancangan protokol baru yang menjadi pertimbangan adalah jika aktivitas perkuliahan kembali normal maka perlu dipikirkan protokol baru untuk mahasiswa pendatang termasuk dalam kaitannya adanya indekos di kampung-kampung. "Agar semua nyaman, mahasiswa yang indekos nyaman, warga juga nyaman," ucapnya.

Ketua Posko Pemantauan Covid-19 RW 7 Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta, Samingan memberikan penjelasan terkait tata laksana bagi mahasiswa yang kembali ke wilayah RW 7 Kelurahan Tahunan. Mulanya mahasiswa yang datang diwajibkan mendatangi posko. Disitu mahasiswa akan dilakukan pencatatan identitas dan diperiksa menggunakan Thermo Gun. "Selanjutnya langkah yang paling penting adalah pemeriksaan berkas-berkas," ucapnya ketika memberikan sambutan pada acara peresmian posko Covid-19 di RW 7 Kelurahan Tahunan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=PrlQnnqaq-I&feature=youtu.be