The Jumputan Festival dan Penandatanganan MoU Pemerintah Kota Yogyakarta dan Polbangtan

Dari 18 rangkaian acara Jogja Heboh yang di gelar oleh KADIN DIY termyata ada satu acara terbesar dan terheboh bernama “The Jumputan Festival” yang berani diselenggarakan oleh Tahunan sebagai satu-satunya kelurahan dari 45 kelurahan yang berada di Provinsi DI Yogyakarta dan diperkirakan akan menyedot setidaknya 10.000 pengunjung lokal, dalam dan luar negeri.

 

The Jumputan Festival diadakan oleh Kelurahan Tahunan selama 2 hari (29 Februari – 01 Maret 2020) tanpa dipungut biaya masuk bagi pengunjung di Jalan Batikan Tahunan, Umbulharjo sepanjang kurang lebih 600m yang akan menampilkan ratusan bahkan ribuan Jumputan, 13 kesenian lokal Kelurahan Tahunan, Musik, Wayang Cakruk, Orasi Sosial, Jalan Santai, Senam Massal oleh sekitar 300 orang, Fashion Show Jumputan, berbagai lomba dan 92 stand kerajinan, kuliner, produk kecantikan, tanaman, dan lainnya.

 

Dalam sebuah kesempatan Lurah Tahunan Ibu Sugiharti, SIP mengatakan “The Jumputan Festival ini persembahan warga Tahunan buat memajukan kesenian daerah dan UMKM khususnya kain jumputan yang terkenal.” Selain itu Ketua Panitia The Jumputan Festival yaitu Bapak DR Bahagia Tarigan SE., AKT., Msi menambahkan “Potensi Tahunan itu banyak banget dan acara ini harus sukses meskipun EO nya adalah warganya sendiri.”

 

The Jumputan Festival (29 Feb-01 Mar) rencananya dibuka oleh Walikota Yogyakarta Bapak Drs H Haryadi Suyuti namun pada kesempatan itu berhalangin hadir. Dihadiri juga Bapak HR Gonang  Djuliastono serta para pejabat dilingkungan Dinas Kota dan Provinsi  Yogyakarta. Tentunya kehadiran tamu undangan tersebut menunjukkan perhatian bahwa di Tahunan tidak sekedar ada produk kerjainan dan sumberdaya manusia, melainkan ada juga tempat bersejarah seperti Makam Pahlawan Panglima Besar Sudirman dan Ki Hajar Dewantara.

Dalam acara tersebut juga rencananya akan dilakukan penandatangan MoU antara pemerintah kota dengan akademisi yaitu Politeknik Pengembangan dan Pembangaun (Polbangtan) dalam Kerja Sama Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemberdayaan Sumber Daya Kota Yogyakarta.

Kemeriahan dan hebohnya The Jumputan Festival adalah terobosan besar dan segar yang dilakukan untuk lebih menduniakan potensi pariwisata, kebudayaan serta sumberdaya manusia Kelurahan Tahunan yang luar biasa sehingga turis lebih banyak memiliki pilihan tujuan wisata di Yogyakarta.  Salah seorang anggota panitia Mas Seno Jawir menyatakan “Sayang sekali kalau tidak datang soalnya banyak Great Sale di Kota Jogja.  Perusahaan besar juga rugi kalau tidak ikut serta sebab target pasar dan besarnya transaksi yang akan terjadi dalam 2 hari itu perkiraannya luar biasa.”